1 Agustus 2012

'Tapak Tilas': Komik Wajib Agustusan

Sampul depan 'Tapak Tilas'.
Perang Kemerdekaan Indonesia dari kacamata Belanda

(Pionir Books) Tangerang Selatan, Banten – Dari Pionir Books (anggota Ikapi) telah hadir Tapak Tilas, edisi bahasa Indonesia komik Belanda De terugkeer (2010) karya Eric Heuvel dan Ruud van der Rol. Tapak Tilas menceritakan Perang Kemerdekaan Indonesia yang akurat secara historis dari sudut pandang tokoh fiktif bernama Bas, seorang laki-laki usia lanjut asal Belanda yang menapaktilasi masa dia menetap di Indonesia, yaitu negeri tempat dia lahir dan dibesarkan, dan negeri yang kala itu juga adalah tanah jajahan Belanda bernama Hindia Belanda. Di Indonesia dia mendapat kejutan yang tak alang kepalang.

Tapak Tilas adalah edisi edukatif yang tidak dijual secara komersial di toko buku. Di Belanda, buku ini dibagikan secara gratis kepada sekolah-sekolah lanjutan guna mendorong sekolah memuat sejarah Hindia Belanda secara luas dalam perangkat mata pelajaran mereka.

Komik ini menceritakan masa penjajahan Belanda, masa Perang Dunia Kedua, dan masa perjuangan kemerdekaan Indonesia. Tokoh-tokohnya adalah rekaan, tetapi semua pengalaman mereka adalah nyata. Skenario dan ilustrasi dibuat berdasarkan materi dokumen historis seperti buku harian, foto, film, dan gambar. Pembagian komik menurut isi:
  • Masa Penjajahan Belanda (1602 – 1942);
  • Masa Pendudukan Jepang (Maret 1942 – Agustus 1945);
  • Perjuangan Kemerdekaan Indonesia: Masa Bersiap (September 1945 – Maret 1946);
  • Perjuangan Kemerdekaan Indonesia: 'Aksi Polisional' (1947 – 1949);
  • Repatriasi ke Belanda (pasca-1949).

Buku ini menceritakan sejarah bersama antara Belanda dan Indonesia. Zaman perang sekali-kali tidak boleh dilupakan, yaitu agar semua insan senantiasa menyadari kebebasan yang telah diperjuangkan dan yang dinikmati sekarang ini. Bacaan wajib beragustusan.

###
Untuk keterangan lebih lanjut dan pemesanan, silakan hubungi kami di nomor telepon (021) 7486 3255.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar